Makanan Yang Menyehatkan Saat Musim Hujan


Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kita semakin sulit mendapatkan makanan yang sehat. Semua sudah serba instan, anda dapat mendapat makanan di restoran cepat saji tampa perlu repot-repot. Namun apakah itu sehat, apalagi sekarang sedang musim penghujan. Maka kita lebih memilih makanan yang instan dengan duduk dirumah dan memesan via delivery order. Tetapi jangan khawatir karena masih ada makanan yang menyehatkan tanpa perlu repot. Mau tau, cekibrot!

1. Yoghurt

Studi Universitas Vienna, Austria, menyebutkan mengkonsumsi 2 ons yoghurt sehari sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat kekebalan tubuh. Makanan ini mengandung bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit karena bakteri dan kuman.

2. Oat atau Barley

Oats dan barley mengandung serat khusus yang disebut beta-glucan yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba. Dua zat ini sangat penting untuk melindungi sel dari kerusakan karena molekul tidak stabil atau mikroorganisme. 

3. Bawang Putih

Jenis bumbu ini mengandung bahan aktif allicin yang melawan infeksi dan bakteri. Satu penelitian di Inggris menyimpulkan konsumsi bawang putih membuat kemungkinan terserang flu turun 66 persen dibandingkan tak mengkonsumsinya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari enam siung bawang putih seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibanding tak mengkonsumsi. 

4. Ikan

Ikan mengandung selenium. Zat ini membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan jenis salmon, mackerel, dan herring mengandung lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

5. Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber seng yang sangat baik. Seng membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

6. Ubi Jalar

Bahan makanan ini kaya vitamin A yang membantu membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam memerangi infeksi bakteri dan lainnya. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap baik dan terjaga.

7. Jamur

Jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Jamur shitake, maitake, dan jamu reshi adalah beberapa jamur yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

8. Berries

Jenis-jenis berries, seperti blackberry, raspberry, blueberry, dan stroberi mengandung anthocyanin. Zat ini yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Sekian tips ini, tetap sehat, tetap semangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s