Melindungi Rumah Disaat musim hujan


BMKG memperkirakan dari awal tahun hingga maret mendatang sebagian wilayah di Indonesia akan dilanda curah hujan yang tinggi. Sehingga sejak dini anda harus mulai mempersiapkan keadaan rumah anda. Yang biasa terjadi seperti Atap bocor, dinding rembes, atau banjir tentu merupakan hal yang paling ditakuti saat musim penghujan seperti saat ini. Nah, saya akan meberikan sedikit tips untuk menjaga rumah anda siap pada musim hujan ini.

Atap
Periksa atap rumah Anda dua kali setahun. Hal ini jauh lebih murah dibanding  memperbaiki rumah yang kebocoran.

Carilah retak di sepanjang bubungan atap, demikian pula talang bagian bawah jurai atap. Pastikan tak ada lubang atau karat pada talang—bila terbuat dari logam.

Pastikan tak ada genting yang pecah, lapuk, atau tak terpasang sempurna. Jika terjadi, segera ganti atau betulkan.

Saluran Air
Lihatlah saluran pembuangan rumah Anda untuk memastikan bahwa air hujan dapat mengalir dan tak kembali ke rumah Anda. Lihatlah, apakah ada banyak butiran kecil tanah liat mengumpulkan di sana. Butiran tanah liat di selokan adalah tanda bahwa atap mulai lapuk.

Langit-langit 
Periksa langit-langit untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran. Hindari terjadinya tetesan air, munculnya jamur atau perubahan warna dinding dan langit-langit. 

Pintu dan Jendela 
Pastikan keduanya dapat menutup  dengan rapat. Jika tidak, melakukan perbaikan sebagaimana diperlukan.

Cabang Pohon
Pastikan tak ada dahan dan cabang mati di pohon sekitar rumah Anda. Hal ini akan mengurangi risiko rumah Anda tertimpa cabang pohon saat terjadi hujan badai.

Sebenarnya masih banyak yang harus dilakukan akan rumah anda terproteksi dengan benar. Agar tetap nyaman ditinggali pada saat musim hujan seperti ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s