Game Developer


Game developer adalah sebuah profesi dimana seseorang membuat suatu permainan dengan bahasa pemograman tertentu yang nantinya dipublikasikan. Game yang dibuat tersebut tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi game ini. Profesi game developer ini terbagi kedalam beberapa bidang, diantaranya :

– Team Leader

Bagian ini biasanya hanya disi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya.

– Game Designer

Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.

– Producer

Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.

– Programmer

Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.

– Artist

Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.

– Composer (Music Editor)

Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

– Script And Text Editor

Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu character yang cocok dengan skrip yang telah dibuat.

– Cinematic

Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketika dimainkan.

Tokoh Game Developer

  • Gabe Newell

Latar Belakang

Setelah drop-out dari Harvard University Newell menghabiskan tiga belas tahun bekerja untuk Microsoft Corporation, akhirnya menjadi “Microsoft Millionaire”. Newell telah menggambarkan dirinya sebagai “produser pada tiga rilis Windows”. Terinspirasi oleh Michael Abrash, yang meninggalkan Microsoft untuk bekerja pada Quake permainan komputer di id Software, Newell dan karyawan Microsoft yang lain, Mike Harrington, meninggalkan Microsoft untuk menemukan Valve pada tahun 1996. Dia dan Harrington menggunakan uang mereka untuk mendanai Valve melalui pengembangan yang berjudul Half-Life.

Selama produksi pada Half-Life 2, ia menghabiskan beberapa bulan berfokus pada proyek Steam. Pada tahun 2007, Newell secara terbuka menyatakan ketidaksenangan di atas mengembangkan software-nya untuk konsol game, khususnya PlayStation 3. Dalam hal sistem, Newell pernah dikutip mengklaim bahwa mengembangkan proses untuk konsol pada umumnya adalah “membuang-buang waktu semua orang” dan “bencana pada berbagai tingkatan”.Namun demikian, di E3 2010, Newell muncul di panggung di keynote Sony sementara mengakui komentar blak-blakan masa lalunya pada pengembangan konsol, ia membahas sifat terbuka PlayStation 3 platform yang Sony, dan mengumumkan Portal 2 untuk konsol, berkomentar bahwa dengan dukungan Steamworks itu akan menjadi versi terbaik untuk konsol. Newell juga mengkritik layanan Xbox Live, mengacu sebagai “kecelakaan kereta api”. Dia juga sangat penting dari Microsoft terbaru sistem operasi Windows 8, menyebutnya sebagai “bencana” dan ancaman terhadap sifat biasanya terbuka PC gaming.

Pada bulan Desember 2010, Forbes menamai Newell sebagai “A Nama Harus Anda Ketahui” terutama untuk karyanya pada Steam memiliki kemitraan dengan beberapa pengembang besar. Pada bulan Maret 2012, Forbes memperkirakan kekayaan bersih Newell dari $ 1,5 milyar, peringkat 854 dari 1.226 miliarder global. Maret 2013 Newell menerima BAFTA Fellowship Award untuk kontribusi luar biasa dan luar biasa kreatif untuk industri video game.

Pada tahun 2014, Steam mengeluarkan game yang berjudul Paranautical Activity di toko Steam sebagai permainan yang belum selesai, sehingga pengembang mengirim ancaman kematian Newell di Twitter. Sebagai tanggapan, permainan telah dihapus dari toko. Pengembang kemudian meminta maaf dan mengundurkan diri dari perusahaan.

Penghasilan Game Developer

Penghasilan game developer sangat menjanjikan, tentu saja haltersebut dipengaruhi berbagai hal, seperti halnya kualitas game itu sendiri dan bagaimana cara promosi dari game tersebut. Namun ada beberapa sumber seorang game developer mendapatkan penghasilan tersebut diantaranya:

  • Penjualan Game

Menjual game merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang. Karena kita hanya perlu membuat game dan menjualnya. Kita sebagai developer akan mendapatkan uang dari setiap penjualan game. Coba tengok developer game besar seperti EA Sport dan Ubisoft. Mereka mendapatkan banyak sekali uang dari penjualan game yang dibuatnya.

  • Menjual Item Premium

Seperti halnya game Clash of Clans, mereka menawarkan item premium berupa gems yang nantinya dapat digunakan sebagai alat tukar untuk membeli item lainnya. Dengan adanya item tersebut seorang gamer dapat terbantu dalam bermain game, hal tersebut tentunya akan sangat membantu sehingga item yang dijual tersebut akan terus dibeli.

  • Memasang Iklan didalam game

Memsang iklan merupakan salah satu cara yang sepertinya paling menguntungkan untuk para pengembang game, karena dengan cara ini pengembang game bisa mendapatkan penghasilan dari para pengiklan dan tidak membuat para pemain game gratisan tersebut mengeluarkan uang untuk bermain game. Flappy bird adalah salah satu game yang sukses dengan metode ini. Setidaknya flappy bird bisa menhgasilkan sekitar $50.000 per hari atau setara dengan 500 juta rupiah perhari apabila kurs dollar adalah 10.000

Perangkat Lunak dalam Pembuatan Game

  • AGS( Adventure Game Studio)

AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.

Contoh –contoh game bertipe point and click adalah: Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.

  • Macromedia Flash

Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan, program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game.

Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program ini.

  • Construct 2

Program ini adalah salah satu inovasi dalam pembuatan game, dimana aplikasi yang dibuat mampu dipublikasikan kedalam semua perangkat. Dengan memiliki banyak kelebihan, aplikasi ini dijual dengan harga 150 US Dollar. Banyak orang menggunakan aplikasi ini dalam membuat game untuk android maupun IOS.

Game Maker

Game maker adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker  hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D ,tapi anda tidak bisa membuat game sekelas dengan Eart of empire II, pada aplikasi ini! karena ketersediaan alat pada game maker  sangat terbatas, sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2 dinensi,untuk bisa membuat game yang bisa digunakan untuk membuat game 3Dimensi ini antara lain:

-3D game studio

-3Ds max7

– Unity dll

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s